5 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara Percaya Diri | Foto: https://www.youtube.com/watch?v=0Tk82hEHNnY
Foto: https://www.youtube.com/watch?v=0Tk82hEHNnY

Kamu pernah merasa rendah diri, tengsin, atau minder di situasi-situasi tertentu, Inspirator? Kamu menjadi lebih pendiam ketika dikelilingi banyak orang dan berpikir bahwa mereka lebih hebat darimu. Jika jawabanmu “ya”, kamu butuh membaca artikel ini. Berikut ada lima cara jitu meningkatkan rasa percaya diri yang perlu terus kamu latih.

Selalu tersenyum

Image result for marking smile
Foto: https://www.freepik.com/

Bukan hanya lebih enak dilihat orang lain, tersenyum juga memberikan dampak positif untukmu. Dengan tersenyum, otakmu terstimulasi supaya kamu menjadi lebih sehat dan lebih bahagia dalam menjalani hari, Inspirator. Ketika tersenyum, kamu melepaskan hormon endorfin yang akan membuat dirimu lebih nyaman. Seperti kata Thich Nhat Hanh, “Sometimes your joy is the source of your smile, but sometimes your smile can be the source of your joy“. Jadi, jangan lupa tersenyum hari ini.

Berpikir positif

Image result for think positive
Foto: https://www.videoblocks.com/

Tersenyum merupakan salah satu bentuk berpikir positif, yakni sebagai tanda kamu mensyukuri hidupmu. (Apa pun bisa kamu syukuri. Baca juga Kunci Merayakan Kehidupan: Jangan Lupa Bersyukur.) Selain tersenyum, ada hal lain yang bisa kamu lakukan. Misalnya, kamu bisa memotivasi dirimu untuk melakukan hal-hal menantang dan menyemangati dirimu ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai keinginanmu. Dengan berpikiran positif, kamu tidak akan terjebak mengasihani diri sendiri, melainkan berjuang untuk lebih produktif dalam menjalani hidup. Kamu juga boleh mengimajinasikan kehidupan yang bahagia, kok.

Ikuti kegiatan-kegiatan yang kamu sukai

Related image
Foto: https://www.quebec-elan.org/

Pastinya, setiap orang memiliki hobi, termasuk kamu. Mungkin kamu suka menari, melukis, bermain musik, atau mengerjakan soal matematika. Perdalam ilmumu di bidang-bidang tersebut dengan mengikuti komunitas, volunteer, dan kursus. Selain pengetahuanmu bertambah, pada saat yang sama kamu juga melakukan hal yang kamu sukai. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya dirimu karena kamu berada di antara orang-orang dengan minat yang sama. Mereka dapat membuatmu merasa nyaman belajar.

Kelilingi dirimu dengan orang-orang berenergi baik

Image result for positive people
Foto: http://happyness.life/

Bukan bermaksud pilih-pilih teman lho, Inspirator. Tetapi, ibarat berteman dengan penjual minyak wangi sehingga keharumannya bisa menempel padamu, ketika berteman dengan pandai besi pun kamu bisa tepercik api. Oleh karena itu, bersikap cerdaslah dalam memilih teman. Cari orang yang bisa mendukungmu dan tidak banyak mengeluh. Dengan begitu, kamu menjadi lebih produktif dalam menjalani hari dan menjadi pribadi yang lebih bahagia.

Kembangkan potensi dirimu

Related image
Foto: https://quotefancy.com/

Tentunya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya perlu disahabati supaya kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pergilah ke tempat-tempat baru, dengarkan ide-ide baru, dan coba hal-hal baru supaya pengetahuanmu semakin bertambah. Terus motivasi dirimu dan usahakan supaya kamu bertumbuh setiap hari.

Semua tahapan ini memang tidak bisa kamu peroleh secara instan–layaknya mi instan yang nyatanya tetap membutuhkan proses hingga bisa dimakan. Semuanya butuh waktu dan perlu menjadi bagian dari kebiasaanmu. Dengan usaha, Inspirator pasti bisa menguasai lima cara meningkatkan rasa percaya diri dan tampil lebih berani di muka umum. Semoga sukses!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here