5 Beasiswa S1 yang Bisa Kamu Dapatkan Setelah Mengikuti Ujian Nasional

Beasiswa bidikmisi 2017
Sumber : indonesianetizen.com

Ujian Nasional sudah di depan mata. Setiap tahunnya, UN ini yang seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar anak-anak kelas 12. Bahkan entah sudah berapa buku try out yang di beli, bimbel sana – sini dan belajar dari berbagai sumber baik buku maupun online. Semua tujuannya hanya 1, yaitu Lulus sekolah dan sebagian lagi mau lanjut ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Nah berikut ini ada 5 Beasiswa S1 yang mungkin bisa kalian pertimbangkan untuk kalian raih setelah lulus SMA. Jangan lupa, kalian share juga ya ke teman kalian atau mungkin saudara kalian yang membutuhkan info ini.

1. Beasiswa Bidikmisi Kemenristek 2017

 

Beasiswa bidikmisi 2017
Sumber : indonesianetizen.com

Bidikmisi adalah bantuan dana pendidikan. Sasarannya adalah pelamar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tapi memiliki potensi akademik yang baik. Beasiswa ini disediakan pemerintah melalui Kemenristekdikti setiap tahunnya. Tahun lalu ada 75 ribu kuota Beasiswa Bidikmisi disediakan. Di 2017, kuota Beasiswa Bidikmisi diberitakan naik jadi 90 ribu. Jumlah ini tentu semakin memberi peluang bagi inspirator yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi tapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Beasiswa Bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di perguruan tinggi. Untuk S1 atau Diploma IV beasiswa diberikan hingga 8 semester, D3 maksimal 6 semester, D2 maksimal 4 semester, dan D1 maksimal 2 semester. Sementara, khusus program sarjana yang memerlukan keprofesian dan merupakan satu kesatuan, akan diberikan penambahan Bidikmisi hingga lulus.

Pelamar yang mendaftar Bidikmisi 2017 akan dibebaskan dari biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri pada salah satu perguruan tinggi. Jika diterima Bidikmisi nantinya, pelamar dibebaskan dari biaya pendidikan, bantuan biaya hidup sekurangnya Rp 650.000 per bulan atau Rp 3.900.000/semester. Selain itu disediakan biaya kedatangan “at cost”, serta biaya hidup awal bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar kota yang besarnya setara dengan bantuan biaya hidup satu bulan.

Info lebih lanjut kunjungi web bidikmisi disini

 

2. Beasiswa Etos 2017

Sumber : Beastudi Indonesia

Kabar baik bagi yang tengah mempersiapkan melanjutkan kuliah S1 di dalam negeri tahun ini. Beasiswa Etos 2017 dari Dhompet Dhuafa kembali dibuka. Beasiswa Etos menyediakan bantuan studi bagi mereka yang diterima mahasiswa di sejumlah PTN tahun 2017, terutama dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa Etos 2017 dibuka untuk mereka yang akan diterima di PTN rekomendasi Dompet Dhuafa di 2017. Total ada 16 PTN yang tersebar di 14 wilayah. Karena itu pendaftaran Beasiswa Etos 2017 baru akan dimulai Mei 2017. Namun, beasiswa ini juga memberi kesempatan bila pelamar juga mendaftar ke beasiswa lain, semisal Bidikmisi.

Apa saja fasilitas yang disediakan Beasiswa Etos 2017? Penerima beasiswa nantinya akan memperoleh Capacity building berupa program pengembangan diri selama 4 tahun yang meliputi pembinaan reguler dan pembinaan sosial. Selain itu disediakan asrama mahasiswa selama 2 tahun pada tahun pertama dan tahun kedua kuliah, uang saku bulanan selama 8 semester sebesar Rp 500 ribu/bulan (kuota terbatas), biaya pendidikan selama 8 semester (kuota terbatas), serta support prestasi dalam dan luar negeri. Yaitu bantuan pembiayaan untuk mengikuti kompetisi atau delegasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Support prestasi yang diberikan antara Rp 500 ribu – Rp 3 juta, tergantung jenis dan levelnya.

Pada tahun 2017, kota penerima Beasiswa Etos adalah 150 orang, yang terdiri dari 50 jalur SNMPTN dan 100 jalur SBMPTN.

Info lebih lanjut kunjungi web nya disini 

 

3. Beasiswa Dataprint

Beasiswa Dataprint
Sumber : Hima Pendidikan Ekonomi

Nah kali ini ada beasiswa dari DataPrint yang mensuplai tinta isi ulang untuk printer. Program beasiswa ini sudah masuk tahun yang ketujuh. Setelah sukses mengadakan program beasiswa di tahun 2011 hingga 2016, maka DataPrint kembali membuat program beasiswa bagi penggunanya yang berstatus pelajar dan mahasiswa.  Hingga saat ini lebih dari 1500 beasiswa telah diberikan bagi penggunanya.

Tidak ada sistem kuota berdasarkan daerah dan atau sekolah/perguruan tinggi. Hal ini bertujuan agar beasiswa dapat diterima secara merata bagi seluruh pengguna DataPrint. Beasiswa terbagi dalam tiga nominal yaitu Rp 400 ribu, Rp 600 ribu dan Rp 1 juta. Dana beasiswa akan diberikan satu kali bagi peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan dari essay, prestasi dan keaktifan peserta.

Beasiswa yang dibagikan diharapkan dapat meringankan biaya pendidikan sekaligus mendorong penerima beasiswa untuk lebih berprestasi.

Info lebih lanjut, langsung aja cek disini

 

4. Beasiswa Wells Mountain Foundation 2017

Beasiswa wmf 2017
Sumber : Wells Mountain Foundation

Bagi Inspirator yang akan lulus SMA/SMK/sederajat yang ingin kuliah D3 atau S1 namun kesulitan dana, info beasiswa berikut ini patut kalian pertimbangkan. Wells Mountain Foundation (WMF), sebuah yayasan amal yang berlokasi di Bristol, Vermont, Amerika Serikat, saat ini menawarkan program beasiswa 2017 Empowerment Through Education Scholarship (ETE). Program beasiswa ini dapat anda gunakan untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri (pada universitas manapun) ataupun di luar negeri (pada negara-negara berkembang).

Beasiswa kuliah ini rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Yayasan WMF. Yayasan WMF sendiri bertujuan untuk mendukung program dan individu dari negara berkembang dengan menyediakan dukungan dana bagi pelajar yang sedang mengejar pendidikan.

Info lebih lanjut yuk klik disini

 

5. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2017

beasiswa unggulan masyarakat berprestasi
Sumber : Asik berkompetisi

Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memiliki beragam variasi beasiswa. Beasiswa yang satu ini tidak kalah menariknya dengan Beasiswa Unggulan lainnya yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan bagi siswa/mahasiswa berprestasi, guru berprestasi, peraih medali olimpiade internasional, juara tingkat nasional atau internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olahraga, pegawai/karyawan berprestasi yang mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasan, seniman, serta pegiat sosial.

Selain beasiswa degree untuk program gelar S1, S2, dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi juga menyediakan beasiswa non-degree. Beasiswa non gelar ini diperuntukkan bagi guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial kecuali dosen untuk mengikuti program residensi, menjadi pembicara dalam workshop atau konferensi, utamanya bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pelamar yang berminat dapat memanfaatkan Beasiswa Unggulan Berprestasi untuk melanjutkan studi jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) di dalam negeri atau mengikuti program non degree yang diminati. Yang menarik dari beasiswa ini, pelamar bisa berasal dari mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan (on going).

Beasiswa yang diberikan untuk program gelar S1, S2, dan S3 dapat berupa biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup, dan biaya buku.

Info lebih lanjut bisa cek disini

 

Nah itu sedikit informasi mengenai 5 beasiswa yang bisa kamu dapatkan setelah lulus SMA, nah kalau mau tahu informasi Perguruan Tinggi di Indonesia, ada 1 web yang bisa kalian cek yaitu edumor.com. Di sini ga cuma info seputar perguruan tinggi nya saja tapi juga beasiswa ada disana. Selamat mencoba ya Inspirator! Semangat belajarnya dan semoga dapat beasiswanya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here