6 Aplikasi Ini Berbahaya untuk Smartphone Kamu. Segera Uninstall Nomor 3!

    Semua pengguna smartphone mengunduh aplikasinya entah di Google Play atau Apple Store. Banyak sekali aplikasi ditawarkan di dua toko virtual ini. Meskipun tidak sedikit yang bermanfaat dan membuat hidup kita lebih hidup, tidak sedikit pula yang merugikan, dan bahkan berbahaya. Apa saja enam aplikasi berbahaya yang sebaiknya kamu segera uninstall?

    1. Aplikasi cuaca

    Photo credit: Brightside.me

    Aplikasi cuaca sangat populer pada awalnya, tapi belakangan ini terungkap aplikasi sejenis ini “menyimpan” banyak virus. Misalnya, ada kasus aplikasi cuaca menyimpan virus Trojan yang sengaja disisipkan dengan tujuan menghimpun data dari smartphone pengguna dan mengirimkan data-data itu ke peretas. Dalam kasus seperti ini, kebanyakan yang diincar adalah data kartu kredit. Makanya, segera uninstall aplikasi berbahaya ini dari smartphone-mu. Apalagi, sekarang mengecek cuaca bisa lebih mudah dan akurat melalui peramban (browser).

    2. Media sosial

    Photo credit: Brightside.me

    Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lain begitu populer sehingga hampir semua pengguna smartphone memiliki minimal dua aplikasi jejaring sosial di ponselnya. Tingkat keamanan aplikasi-aplikasi ini umumnya sudah terjamin (meskipun belum lama ini Facebook tersandung kasus kebocoran data penggunanya), tapi mengaksesnya melalui aplikasi menyedot banyak daya baterai smartphone dan membuat performa ponsel cepat melemah. (InspiratorFreak punya beberapa cara menjaga baterai ponselmu supaya tetap awet.)

    Mungkin kamu perlu segera uninstall Facebook dan mencoba mengakses versi mobile-nya melalui browser.

    3. Program antivirus dari pengembang tidak dikenal

    Photo credit: Brightside.me

    Ketika orang-orang tidak bertanggung jawab mulai meretas smartphone untuk melakukan pencurian data, aplikasi antivirus untuk ponsel mulai bermunculan. Rupanya tren ini membuat peretas mendapatkan ide cemerlang dan mulai menciptakan antivirus juga. Tetapi, alih-alih mengamankan ponselmu dari serangan virus, aplikasi antivirus yang mereka ciptakan justru mencuri data pribadi penggunanya dan bahkan memblokir ponsel sepenuhnya.

    Jika kamu memiliki aplikasi berbahaya ini sekarang, segera uninstall ya, Inspirator.

    4. Pengoptimal performa smartphone

    Photo credit: Brightside.me

    Clean Master dan aplikasi pengoptimal performa ponsel sejenis menawarkan jasa pembersihan cache dan menghapus program-program tidak penting. Tetapi, kebanyakan smartphone saat ini sudah memiliki fungsi ini di sistemnya, sehingga memasang aplikasi sejenis tidak ada manfaatnya lagi. Alih-alih memperbaiki performa ponselmu, aplikasi ini justru memperlambatnya dan membuat baterai menjadi boros.

    5. Built-in browser

    Photo credit: Brightside.me

    Built-in browser sering begitu saja sudah terpasang di sistem smartphone. Kebanyakan peramban ini memilili performa lamban.

    Tidak seperti Google Chrome, program-program ini tidak memiliki perlindungan dari pencurian data dan bisa memperlambat performa ponsel kesayanganmu. Karena berpotensi pada peretasan data, segera uninstall juga aplikasi berbahaya ini, ya.

    6. Aplikasi untuk menambah kapasitas RAM

    Photo credit: Brightside.me

    Ini mungkin cocok disebut “aplikasi PHP”.

    Aplikasi yang mengklaim bisa meningkatkan kapasitas RAM biasanya adalah aplikasi pengoptimal performa ponsel. Di nomor 4 sudah dijelaskan aplikasi ini hanya bisa membersihkan cache dalam waktu sementara dan sistem ponselmu bisa melakukannya tanpa bantuan aplikasi khusus.

    Satu hal yang penting untuk diingat, RAM bawaan ponsel tidak bisa ditambah–tidak seperti laptop. Alih-alih menambah kapasitas RAM ponselmu, aplikasi ini justru bisa dengan mudah mengambil data pribadimu. Segera uninstall.

    Kita harus secerdas ponsel pintar kita saat memilih aplikasi. Bagi kamu pengguna android, ketika ingin memasang aplikasi tertentu coba perhatikan apakah ada logo seperti ini:

    Photo credit: Google Internet

    Logo ini berarti aplikasi terkait tingkat keamanannya sudah diverifikasi Google Play.

    (Dari berbagai sumber)

    Keep Breathing, Keep Inspiring!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here