4 Permainan Tradisional yang Paling Populer Saat 17-an

Sumber: shutterstock

17 Agustus nanti, Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke-73. Merdeka, Merdeka! Nah, biasanya saat mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, akan banyak perlombaan yang diadakan. Coba simak 4 permainan tradisional berikut yang paling populer saat 17-an. Semoga bisa jadi inspirasimu untuk mengadakan perlombaan ini, ya.

Balap karung

Sumber: shutterstock

Permainan balap karung merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat populer untuk mengisi perlombaan 17-an. Dulunya, permainan ini menggunakan jenis karung goni karena lebih kuat. Tapi, karena karung goni sudah langka, karung goni pun digantikan dengan karung beras. Cara bermainnya pun sederhana. Para peserta harus berdiri di dalam karung dan menunggu aba-aba untuk lompat-lompat sampai mencapai garis finish. Siapa yang paling cepat menyelesaikan permainan, ia akan menjadi pemenangnya.

Balap tempurung

Sumber: http://permainanpermainan.com

Permainan balap tempurung ini menggunakan batok kelapa yang sudah dilubangi sehingga membentuk seperti sandal jepit dan diberikan tali yang tetap terhubung pada keduanya. Cara bermainnya sama seperti balap karung.

Balap egrang

Sumber: aktual.com

Egrang adalah permainan tradisional menggunakan bambu. Permainan ini membutuhkan ketangkasan, karena dituntut menguasai keseimbangan tubuh saat menaiki egrang. Cara permainannya sama seperti balap karung dan balap tempurung.

Balap bakiak

Sumber: akurat.co

Perlombaan ini menggunakan sandal bakiak dari kayu panjang yang dibentuk dengan karet bekas ban. Biasanya satu bakiak bisa dipakai oleh tiga orang atau lebih. Saat memainkan perlombaan ini, kekompakan , kerjasama, dan kecepatan kelompokmu akan diuji. Jadi, harus atur strategi supaya tidak gagal.

Nah, empat permainan ini sangat cocok untuk mempererat persahabatan dan kekeluargaan. Permainan ini juga punya makna filosofis yang sangat tinggi agar dalam kehidupan bisa bekerjasama dengan baik. Tertarik untuk mencoba jenis permainan tradisional yang mana, Inspirator?

(Sumber: reservasi)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here