karya anak bangsa
Cover album Maroon 5 karya seniman Yogjakarta (Ilustrasi: www.sidomi.com)

“Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kenapa negaramu.”- John F. KennedY

Yap, sepertinya kutipan  kalimat di atas cocok untuk menggambarkan konsumen Indonesia dalam memakai produk lokal. Banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong mencari produk ternama luar negeri, dan bahkan tak segan-segan untuk mengimpornya langsung. Pertanyaannya, mengapa tidak memakai produk lokal saja? Toh, kini produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk mancanegara. Lalu, karya anak bangsa mana saja yang sudah menembus pasar internasional? Check this out!

  1. Jaket Budaya Jakarta Khas Sherly Hartono

Sherly Hartono, desainer Indonesia yang satu ini dikenal dengan karyanya yang terinspirasi oleh budaya Jakarta. Produknya pernah dikenakan oleh bintang Hollywood yaitu Joe Jonas untuk menghadiri acara Feinstein’s Style Longue di Utah, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Jonas mengenakan jaket bermotif uang Rp 50.000 dan Rp 100.000 dengan mangkuk bergambar ayam jago legendaris serta petai yang ikut memeriahkan hiasan.

Ilustrasi: www.goodnewsfromindonesia.org

2. Tas Vintage ‘Bagteria’ oleh Nancy Go

Karya anak bangsa selanjutnya yang tidak kalah tenar adalah Bagteria. Tas yang memiliki garis rancang berciri vintage ini terlihat glamour dan digunakan oleh selebriti Hollywood seperti Paris Hilton dan Emma Thompson. Tidak hanya mereka, Bagteria pun mampu menarik perhatian negara lain yang sempat ditawari untuk dibeli dan diganti menjadi label Italia. Namun, karena rasa nasionalisme yang tinggi dari Nancy Go selaku dalang di balik semua ini, menyebabkan ia tetap mempertahankan Bagteria sebagai produk Indonesia.

Ilustrasi: www.forbesindonesia.com

3. Gaun Ciamik Karya Tex Saverio

Siapa yang tidak kenal Lady Gaga? Penyanyi papan atas yang dikenal dengan gayanya yang nyentrik ini ternyata pernah beberapa kali mengenakan gaun rancangan Tex Saverio. Saverio merupakan desainer Indonesia yang pernah mendapatkan Mercedes-Benz Asia Fashion Award pada tahun 2005. Selain Lady Gaga, Saverio juga pernah menjadi perancang gaun yang dikenakan oleh Jennifer Lawrence pada film The Hunger Games: Catching Fire.

Ilustrasi: www.texsaverio.com

4. Desain Artistik oleh Bayu Santoso

Bayu Santoso tidak mau ketinggalan untuk mengepakkan sayapnya hingga kancah internasional. Mahasiswa asal Institut Seni Indonesia, Yogyakarta ini memenangkan kontes yang diselenggarakan oleh Maroon 5 untuk membuat cover album yang berjudul V. Bayu membuat desain tersebut dengan ornamen apik dan sentuhan artistik.

Ilustrasi: www.sidomi.com

Selain mereka, masih banyak di luar sana anak bangsa yang berhasil menembus pasar internasional. Hal ini membuktikan bahwa produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk mancanegara, dan ini pun membuktikan bahwa kita mampu bersaing dengan negara lain asalkan memiliki tekad untuk melakukannya. Dengan memakai produk lokal, Inspirator juga bisa meningkatkan pendapatan negara dan membantu kesejahteraan masyarakat.

Yuk, mulai sekarang gunakan produk lokal dan jadilah konsumen cerdas yang dapat memajukan bangsa!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY