4 Hal Sederhana Ini Ternyata Dapat Meningkatkan Kreativitas

kreativitas
Ilustrasi: www.dumblittleman.com

Selamat siang, Inspirator!

Banyak orang beranggapan bahwa kreativitas merupakan hal mutlak yang tidak dimiliki semua orang. Hanya orang tertentu yang memiliki nilai kreatif tinggi seperti seniman, aktor/aktris, penulis, dan sebagainya padahal kreativitas tidak memandang bulu. Semua orang dari berbagai pekerjaan dan usia bisa memiliki kreativitas dengan cara mereka sendiri. Namun, hal tersebut memang membutuhkan proses agar membuahkan hasil maksimal. Berikut tips yang dapat Inspirator lakukan untuk meningkatkan kreativitas:

  1. Mendengarkan musik
Ilustrasi: weheartit

Siapa yang tidak pernah mendengarkan musik? Setiap orang pasti pernah, entah itu musik tradisional, modern, kontemporer, atau musik lainnya. Disadari atau tidak, mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini disebabkan oleh rangsangan ritmis yang mampu meningkatkan fungsi kinerja otak menjadi lebih optimal. Jenis musik yang cocok untuk meningkatkan kreativitas adalah musik ambience. Musik ini dapat menimbulkan rasa nyaman dan tenang, serta membuat kita berpikir lebih jernih dan tajam.

  1. Membaca buku
Ilustrasi: weheartit

Keuntungan yang didapat dari membaca sangatlah banyak. Salah satunya adalah meningkatkan kreativitas seseorang. Di luar sana, banyak buku yang berisi tentang bagaimana cara membuat sesuatu, seperti buku masak, buku tentang mekanik, dan sejenisnya. Dengan membaca buku tersebut, kita dapat mengaplikasikan apa yang ada di dalamnya dan juga sebagai pedoman untuk mengembangkan sesuatu. Selain itu, buku cerita juga mampu menginspirasi kita dalam menciptakan imajinasi.

  1. Menonton film
Ilustrasi: weheartit

Jika memiliki waktu luang, cobalah untuk menonton film. Ternyata menonton film juga dapat meningkatkan kreativitas. Film animasi atau kartun yang memiliki segudang imajinasi terbukti dapat merangsang otak untuk merasakan apa yang ada di dalamnya. Selain itu, film fiksi seperti Harry Potter juga dapat meningkatkan kreativitas karena di dalamnya terdapat adegan sihir yang mampu membuat penonton memikirkan hal baru yang tidak biasa.

  1. Travelling
Ilustrasi: weheartit

Adam Galinsky, seorang profesor dari Columbia Business School melakukan studi yang menunjukkan bahwa jika seseorang memiliki kebiasaan travelling, maka semakin kreatif orang tersebut. Hal ini dikarenakan, travelling dapat memicu sinapsis kreativitas otak melalui pengalaman baru, suasana baru, dan pemandangan baru.

Yap, empat hal tersebut dapat dilakukan agar tingkat kreativitas Inspirator meningkat. Selanjutnya, jika Inspirator memiliki ide, segera tulis ide tersebut di secarik kertas agar tidak lupa. Setelah itu, tentukan deadline kapan Inspirator akan menyelesaikan ide yang telah dibuat. Langkah terakhir adalah berani mencoba. Selamat berkreativitas! (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here