Karya Fantasi Nusantara

Halo Inspirator! Belakangan ini kita lagi banyak dihebohkan dengan trend industri kreatif di Indonesia. Semakin banyak karya anak bangsa yang menunjukan kreasi serta inovasi dalam berbagai bidang seperti film, komik, busana, aplikasi, dan masih banyak lagi. Nah, diantara sekian banyak kreasi yang berkembang saat ini, ternyata ada banyak juga loh karya fantasi anak bangsa yang membawakan unsur nusantara. Apa aja ya karya-karya tersebut? Yuk kita simak disini

  1. Roh Garuda

    Roh Garuda oleh Widi dan Ricky | sumber : widi-k.blogspot.com
    Roh Garuda oleh Widi dan Ricky | sumber : widi-k.blogspot.com

Sebuah cerita fantasi yang mengisahkan sosok roh misterius bernama Seta yang datang ke dunia manusia. Sesuai petunjuk dari gurunya, Seta datang ke dunia untuk memenuhi ramalan 600 tahun yang lalu tentang kelahiran raja yang baru. Melalui karya berupa strip comic yang diluncurkan melalui Line Webtoon, dua author bernama Widi dan Ricky menyajikan karya menarik mengenai kehidupan animisme yang mengundang rasa penasaran. Berkat kegigihan serta kualitas karya yang dibawakan,  Widi dan Ricky berhasil membawa karya Roh Garuda memasuki nominasi 5 besar Line Webtoon Rising Star. Tidak berhenti di situ saja lho Inspirator, Roh Garuda juga saat ini sedang mempersiapkan sebuah karya animasi pendek dengan jalan cerita yang berbeda namun tetap saling berhubungan dengan yang disajikan pada serial strip-comic Line Webtoon.  

  1. Nusantara Droid War

    Nusantara Droid War oleh Satria dan Vega | sumber : facebook.com/nusantaradroidwar
    Nusantara Droid War oleh Satria dan Vega | sumber : facebook.com/nusantaradroidwar

Sewaktu masih kecil kita pernah membayangkan apabila mainan robot-robotan atau boneka yang kita miliki itu menjadi nyata dan memiliki kekuatan tertentu bukan? Nah, Nusantara Droid War (NDW) adalah sebuah serial komik yang menceritakan fantasi tersebut lho, Inspirator. NDW dikisahkan sebagai sebuah permainan seru yang sedang menjadi trend di Indonesia. Para pemain mengadu kekuatan droid yang mereka miliki. Tetapi yang menarik adalah droid yang digunakan merupakan berbagai hal yang berkaitan dengan unsur nusantara Indonesia. Mulai dari kisah rakyat, tarian daerah, hingga kisah mistis Indonesia dikemas dalam wujud ilustrasi yang modern. Bermula dari keberhasilan kedua author, Satria EXZ dan Vega Mandalika, dalam membawa karya NDW menjadi komik resmi Webtoon, NDW secara konsisten menghasilkan karya bernuansa nusantara hingga menyentuh lebih dari 30 chapter. Droid yang telah ditampilkan juga menampilkan berbagai variasi seperti droid Arjuna, Tarian Kabasaran, Malin Kundang, Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong, Genderuwo, dan masih banyak lagi.  

  1. Inheritage : Boundary of Existence

    Inheritage : Boundary of Existence oleh Tinker Game || sumber : tinkerworlds.com
    Inheritage : Boundary of Existence oleh Tinker Game | sumber : tinkerworlds.com

Kalau yang sebelumnya merupakan serial komik, kali ini merupakan sebuah video game garapan Tinker Studio. Melalui sebuah shooter-game berbasis arkade, Tinker games membawakan sebuah kisah tentang pelindung kota Bandung bernama Nala bersama berbagai hewan mistis yang dikenal dengan sebutan Rakyan. Bersama Rakyan tersebut, Nala menjaga keseimbangan dunia dari serangan Yaksa yang jahat seperti Pocong, Genderuwo, Ondel-ondel, dan masih banyak lagi. Melalui game ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai mitologi dan budaya dari berbagai daerah di Nusantara, seperti batik, senjata, serta makhluk yang dipercaya memiliki kekuatan khusus. Oh iya, game ini dapat kamu mainkan melalui smartphone kamu yang beroperasi menggunakan Android atau iOS lho.  

  1. Mantradeva

    Mantradeva oleh Gusti dan Agung | sumber : facebook.com/mantradevaofficial
    Mantradeva oleh Gusti dan Agung | sumber : facebook.com/mantradevaofficial

Sebuah epos bertemakan mitologi Bali. Mengisahkan titisan Mantradeva bernama Sona yang ditugaskan untuk menutup kontrak dari titisan dewa yang telah diturunkan terlebih dahulu bernama sandhikala. Kontrak Sandhikala ditutup karena kontrak tersebut telah dilanggar oleh para bhuta dengan menuntut tumbal berupa nyawa manusia dan cahaya rembulan selama lebih dari seratus dasawarsa. Melalui karya ini, Gusti Aditya dan Agung Pramana menyajikan berbagai cerita rakyat Bali seperti Barong dan Rangda, Cupak Gerantang, Pan Balang Tamak, dan masih banyak lagi. Pada satu chapter tertentu, author dari strip-comic ini mengakui tujuan dari membuat kisah Mantradeva “sebenarnya cukup klise, yaitu untuk membuat anak muda dapat melihat budaya Indonesia sebagai sesuatu yang keren.” Meskipun demikian, kedua author terus mempertahankan konsistensinya dan menyajikan kisah Mantradeva hingga mencapai belasan chapter. Keren banget kan ya, berbagai karya yang berbeda, dengan sudut pandang dan topik kebudayaan yang berbeda seperti dari Jawa, Bandung, ataupun Bali, namun tetap satu Nusantara kita. Sesuai dengan semboyan nasional kita Bhinneka Tunggal Ika. Yuk, bersama-sama kita bersatu dan dukung karya anak bangsa yang penuh kreativitas membawakan tema Nusantara. Tinggal buka smartphone kamu, dan cari salah satu karya dengan judul yang tertera di atas. Selamat membaca Inspirator! Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ryan Sucipto Editor   : Kintan Lestari Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY