Hari Laut Sedunia
Indonesia, kaya akan sumber daya laut

Halo Inspirator! Semoga di hari ini selalu bersemangat ya ūüôā Inspirator¬†tahu¬†gak,¬†hari ini hari apa? Untuk yang belum tahu, 8 Juni ini kita peringati sebagai Hari Kelautan Sedunia. Tentunya, ada kaitannya¬†dong¬†dengan Indonesia.¬†Sebagai negara kepulauan, kita dapat bangga akan kekayaan alam yang ada di lautan Indonesia.¬†Berikut adalah fakta-fakta membanggakan tentang laut Indonesia.  

Indonesia, negara kepulauan yang amat luas

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia | Source: indonesiatravellers.com
Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia | Source: indonesiatravellers.com
Inspirator pasti sudah¬†pernah dong mempelajari ini di bangku sekolah. Ada yang ingat berapa luas perairan Indonesia? Jika lupa, nih IF¬†kasih tau lagi.¬†Indonesia memiliki luas laut kurang lebih¬†5,8 juta km2, dan¬†garis pantai sepanjang kurang lebih¬†81.000 km, lho Inspirator. ¬†Ini tidak lepas juga dari banyaknya jumlah pulau di Indonesia, yaitu sebanyak 17.502 pulau.  

Tak heran, Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati

Hari Laut Sedunia
Salah satu ikan temuan terbaru di Indonesia jenis flasherwrasse, Paracheilinus rennyae | Source: indonesia.gr
Coba tebak Inspirator, ada berapa banyak spesies ikan air laut di Indonesia? Dua ratus? Lebih… Lima ratus? Masih lebih… Jawabannya yaitu ada sekitar 650 spesies, Inspirator! Jumlah ini hanya sebagian kecil dari total keanekaragaman hayati Indonesia atau biodiversity-nya yang amat banyak. Jumlah keanekaragaman hayati Indonesia mencapai 37 persen dari keanekaragaman hayati dunia lho,¬†Inspirator!¬†Ini sudah termasuk jumlah spesies ikan hiu yang juga terbanyak di dunia, sekitar 150 spesies. Belum lagi berbagai jenis biota laut lainnya yang tersebar di seantero perairan Indonesia.

Luas gugusan terumbu karang Indonesia, 18 persen dari total dunia

Hari Laut Sedunia
Salah satu contoh terumbu karang kebanggaan Indonesia di wilayah Raja Ampat | Source: waiwodiverajaampat.com
Gak¬†cuma di darat saja yang ada tamannya Inspirator, di laut pun juga ada ‘taman-nya laut’ yaitu terumbu karang. Di Indonesia, terdapat banyak sekali gugusan terumbu karang atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai¬†coral reef. Di Gugusan terumbu karang di Indonesia yang terkenal ada di Bunaken dan Raja Ampat. Luas terumbu karang Indonesia sendiri adalah sekitar 51 ribu km2 atau sekitar 18 persen dari total terumbu karang dunia.  

Sumber daya laut Indonesia, nilainya luar biasa besar

Guna meningkatkan hasil tangkapan laut, pemerintah punya peran besar | Source: cnnindonesia.com
Guna meningkatkan hasil tangkapan laut, pemerintah punya peran besar | Source: cnnindonesia.com
Dengan 17 ribu pulau terhampar dari Sabang sampai Merauke, tidak salah apabila memang kekayaan laut Indonesia amatlah besar.  Potensi tangkapan yang dapat dimanfaatkan (allowable catch) dari hasil laut Indonesia mencapai 5,12 juta ton per tahun, Inspirator! Jumlah tersebut jika diuangkan dapat bernilai setinggi Rp. 7.200 trilyun, wow! Lihat, betapa potensialnya hasil laut Indonesia jika dapat dimanfaatkan secara bijak untuk kesejahteraan penduduk Indonesia.

Nah itu dia Inspirator, 4 fakta membanggakan tentang laut Indonesia yang disajikan IF dalam rangka Hari Laut Sedunia.

Yuk, tetap jaga dan lestarikan kekayaan laut kita. Karena, laut kita dapat menjadi kebanggaan bangsa disamping membawa kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia ūüôā Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Agung Tyanto Editor ¬† : Kintan Lestari Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook :¬†facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY