4 Bioskop Mini Alternatif Yang Wajib Dikunjungi Para Movie Freak

bioskop
Foto: manual.co.id

Setiap bulan selalu ada puluhan judul film yang diproduksi dan dirilis di tanah air. Baik film yang digarap oleh rumah produksi profesional maupun independen. Film-film ini pun kerap diikutsertakan dalam berbagai festival bergengsi di dalam maupun luar negeri.

Tentu hal ini membuktikan bahwa film karya anak bangsa layak diapresiasi bahkan masih dan terus dinikmati oleh penikmat film tanah air. Nah, jika Inspirator salah satu penikmat film Indonesia bahkan movie freak film Indonesia, ada referensi tempat nonton film alternatif yang wajib dikunjungi.

Mengapa demikian? Karena empat bioskop mini ini tak hanya menyajikan film-film layar lebar berdurasi panjang tetapi juga film pendek. Selain itu ada forum diskusi yang dijamin bakal menambah pengetahuan movie freak tentang dunia perfilman. Satu hal lagi, sensasi yang ditawarkan oleh bioskop mini tentu akan sangat berbeda dibandingkan bioskop besar pada umumnya.

Apa saja keempat bioskop mini alternatif itu? Langsung aja Inspirator simak ulasannya dibawah ini.

Kineforum – Cikini, Jakarta

bioskop
Foto: Biblical-journal.blogspot.co.id

Kineforum adalah bioskop terprogram pertama di Jakarta yang menawarkan ragam film dan diskusi. Kineforum merupakan program dari Dewan Kesenian Jakarta yang hadir sebagai tanggapan terhadap ketiadaan bioskop non komersial di Jakarta dan kebutuhan pengadaan suatu ruang bagi pertukaran antar budaya melalui karya audio-visual.

Film-film yang diputar adalah film panjang, film pendek, film klasik, film kontemporer, film luar maupun dalam negeri, dan juga film-film dari non arus utama. Kineforum juga menjadi ruang diskusi para sineas dan praktisi film.

Pemutaran film di kineforum terbuka untuk umum dengan donasi sebesar Rp. 20.000. Pengambilan tiket dapat diambil satu jam sebelum pemutaran, tanpa reservasi. Satu orang hanya mendapatkan satu tiket, tidak dapat mewakilkan ataupun diwakilkan.

Jadwal film bisa cek di Kineforum.org

Cine Space – Serpong, Tangerang

bioskop
Foto: Qubicle.id

Cine Space merupakan ruang pemutaran alternatif yang digagas oleh sutradara dan produser Nia Dinata. Gagasan untuk membuat Cine Space muncul untuk mendukung perfilman Indonesia, khususnya bagi film-film independen. Selain itu ada workshop dan diskusi seputar dunia perfilman.

Untuk menonton film yang ditayangkan di Cine Space, penonton bisa datang langsung. Cukup berdonasi (donasi ditentukan dari film yang diputar/event tertentu) Inspirator bisa menikmati film, wifi dan kopi gratis. Cine Space beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 13:00 – 21:00 WIB.

Jadwal film bisa cek di Cine Space

Kinosaurus – Kemang, Jakarta

bioskop
Foto: manual.co.id

Sebuah microcinema yang menampilkan film-film berkualitas dari seluruh dunia, dalam suasana yang nyaman dan intim. Ruang pemutaran mini Kinosaurus lahir berkat ide dari Adinda Simanjuntak, Meiske Taurisia dan Edwin.

Kinosaurus memiliki berbagai program pemutaran film seperti: film pendek, film panjang, film animasi dan film-film lainnya. Ada juga Kinotalk, sesi bincang-bincang dengan para sineas seperi Riri Riza, Yadi Sugandi, Mira Lesmana dll.

Untuk bisa menikmati film yang diputar di Kinosaurus, Inspirator sebaiknya melakukan pemesanan 1 jam sebelum waktu pemutaran dan mendapatkan KinoPass (tiket)+ cap dengan donasi Rp. 50.000. Buat Inspirator yang masih kuliah cukup berdonasi Rp. 35.000 dengan menunjukkan kartu mahasiswa.

Jadwal film bisa cek di Kinosaurus Jakarta

Sinema Rabu – Kebayoran Baru, Jakarta

bioskop
Foto: Instagra,.com/sinemarabu

Sinema rabu merupakan program ekshibisi film panjang lokal alternatif setiap rabu malam, 19:30 WIB. Bertempat di Paviliun 28 Jl. Petogogan I no. 25 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sinema Rabu digagas sebagai ruang alternatif untuk memutar film-film alternatif agar bisa menjangkau khalayak yang lebih luas.

Selain menonton film-film alternatif, Sinema Rabu yang rutin digelar sejak Juni 2016 lalu juga menyediakan ruang diskusi usai pemutaran film. Narasumbernya tak lain adalah pekerja film itu sendiri.

Inspirator dapat mereservasi tiket mulai H-30 pemutaran dengan tiket seharga Rp. 25.000 untuk sekali pemutaran film dan diskusi.

Jadwal film bisa cek di Sinema Rabu

Bioskop mini alternatif diatas bisa menjadi pilihan Inspirator untuk merayakan Hari Film Nasional yang jatuh besok, 30 Maret 2017. Sembari menikmati film-film alternatif, Inspirator juga turut mengapresiasi karya hebat para sineas Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here