Angkor Wat-salah satu monumen di Asia Tenggara
Angkor Wat-salah satu monumen terkenal di Kamboja

Halo, Inspirator! Tahukah kalian monumen apa saja yang terdapat di Asia Tenggara? Yap, masing-masing negara di Asia Tenggara memang mempunyai monumennya tersendiri. Tapi ternyata berdasarkan Traveller Choice Landmarks Awards 2015 yang diadakan oleh TripAdvisor, terdapat tiga monumen di Asia Tenggara yang wajib Inspirator kunjungi. Apa saja ketiga landmark tersebut?

1. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat - salah satu monumen di Asia Tenggara
Angkor Wat – salah satu monumen terkenal di Kamboja
Angkor Wat merupakan salah satu monumen yang terletak di Angkor, salah satu situs arkeologi penting yang berisikan banyak peninggalan kerajaan Khmer. Awalnya, Angkor Wat dibangun oleh Raja Suryavarman II sebagai tempat penghormatan kepada Dewa Wisnu. Tapi sejak abad ke-14 Angkor Wat dijadikan sebagai candi bagi agama Buddha dan sejak saat itu pula, banyak patung-patung Buddha yang diletakkan di dalam salah satu monumen di Asia Tenggara ini. Monumen ini terdiri dari sebuah menara pusat yang berada di tengah dan dikelilingi oleh empat monumen kecil lainnya, dan dinding yang menutupi sisa monumen ini. Bangunan monumen ini dipercaya terinspirasi dari Gunung Meru, sebuah tempat legenda dalam Mitologi Hindu yang dipercaya sebagai tempat tinggal para Dewa.

2. Wat Pho, Thailand

Wat Pho-salah satu monumen di Asa Tenggara
Wat Pho-salah satu monumen terkenal di Thailand | Sumber: asiawebdirect.com
Wat Pho atau dengan nama lengkap Wat Phra Chetuphon, merupakan salah satu kompleks candi terbesar di Bangkok, Thailand. Wat Pho menjadi salah satu monumen di Asia Tenggara yang sangat terkenal karena adanya patung Buddha dengan tinggi 15 meter dan panjang 46 meter dan dilapisi dengan lapisan emas. Selain itu, Wat Pho juga terkenal sebagai pelopor Thai massage, salah satu pijat tradisional ala Thailand yang berbeda bila dibandingkan dengan pijat tradisional lainnya.

3. Menara Kembar Petronas, Malaysia

Menara Kembar Petronas-salah satu monumen di Asia Tenggara
Menara Kembar Petronas-salah satu monumen terkenal di Malaysia | Sumber: justgoodvibe.com
Menara kembar Petronas yang selesai dibangun pada tahun 1996 ini terletak di Kuala Lumpur dan merupakan menara kembar tertinggi di dunia. Menara ini mempunyai penghubung yang disebut dengan Sky Bridge yang berada di lantai 41 dan 42. Menara kembar Petronas, salah satu monumen di Asia Tenggara yang cukup terkenal, merupakan rumah dari perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas dan berbagai perusahaan lainnya seperti Al-Jazeera, Bloomberg, Boeing, IBM, McKinsey & Co., Microsoft, Reuters, dan perusahaan-perusahaan lainnya. Selain perusahaan-perusahaan tersebut, Menara Kembar Petronas ini juga terdiri dari pusat perbelanjaan Suria KLCC, Taman KLCC, Petronas Art Gallery, Kuala Lumpur Convention Centre, Petrosains Science Centre, dan aula konser Dewan Filharmonik Petronas. Nah Inspirator, itu adalah tiga monumen di Asia Tenggara yang berhasil menjadi 25 monumen terbaik versi TripAdvisor. Semoga nantinya, ada monumen di Indonesia yang berhasil menjadi salah satu dari 25 monumen terbaik versi TripAdvisor ini.   Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Wilujeng Mugi Suroto Editor  : Siti Ayu Handayani   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous article12 Perempuan Hebat Asia Tenggara
Next articleACCOUNTING FAIR 2016 oleh Politeknik Negeri Jakarta

LEAVE A REPLY