Ilustrasi

Bonus demografi yang membuat Indonesia menjadi salah satu dari lima negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia memang dapat membuat pemerintah harus berpikir ulang untuk menekan jumlah penduduk. Tapi ternyata, di balik hal tersebut, bonus demografi juga bisa mendatangkan keuntungan bagi Indonesia. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak!

  1. Menciptakan pasar yang besar dan menarik

    bonus demografi
    Ilustrasi | Sumber: theinsiderstories.com
    Bonus demografi di Indonesia ternyata menarik perhatian para investor untuk menanamkan investasi di negara ini. Tapi Inspirator, terciptanya pasar yang besar menempatkan negara Indonesia dalam dua posisi yang berbeda. Di satu sisi, banyak produsen barang yang akan menargetkan negara ini menjadi pangsa pasarnya dan mengakibatkan penduduknya menjadi konsumtif dan berada dalam posisi konsumen. Di sisi lain, seperti Cina, negara dengan jumlah penduduk yang banyak, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempelajari teknologi produk yang membanjiri pasar dan menciptakan sendiri produk buatan negara mereka sehingga mereka dikatakan telah berada pada posisi produsen. Nah, menurut Inspirator, Indonesia sudah berada pada posisi mana ya?
  2. Memungkinkan pemanfaatan maksimal dari sumber daya alam

    bonus demografi
    Ilustrasi | Sumber: si.wsj.net
    Bonus demografi juga mendorong pemerintah untuk memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia. Tetapi, jika sumber daya alam terbatas jumlahnya, bonus demografi dapat memungkinkan terjadinya pertumbuhan ide–ide kreatif atau peningkatan produktivitas penduduk. Nah, jika bonus demografi suatu negara merupakan sumber daya manusia yang berkualitas, maka negara tersebut tidak hanya sebagai pengguna, melainkan juga dapat menciptakan teknologi baru seperti yang bisa kita lihat pada Amerika Serikat dengan segala penemuannya di berbagai bidang.
  3. Berpengaruh pada migrasi penduduk

    bonus demografi
    Ilustrasi | Sumber : papasemar.com
    Hal ini dapat dilihat dari negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia, Cina, dimana diperkirakan satu dari tiga orang di dunia merupakan orang Cina. Migrasi memungkinkan penduduk suatu negara bertukar informasi seperti ide, budaya, dan pengetahuan dengan penduduk negara lain. Pertukaran informasi ini nantinya dapat diterapkan di negara masing–masing (walaupun tetap melihat nilai yang dianut negara asal mereka ya).

Nah, Inspirator itu tadi 3 keuntungan yang sebenarnya bisa didapatkan oleh Indonesia dari bonus demografi jika dimanfaatkan dengan baik. Ketiga keuntungan tersebut bisa kita lihat dari negara–negara lainnya yang berada dalam lima besar negara dengan populasi terbanyak di dunia seperti Cina dan Amerika Serikat. Menurut Inspirator, apakah Indonesia sudah merasakan tiga keuntungan dari bonus demografi tersebut? Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis : Wilujeng Mugi Editor   : Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY