Kenali 3 Jenis Simpanan di Bank Demi Masa Depanmu

Teman-teman Inspirator, sudahkah mengetahui apa fungsi dari bank? Selain sebagai lembaga yang menghimpun dana, bank juga mengeluarkan sejumlah produk simpanan. Untuk Inspirator yang belum tau, terdapat tiga jenis simpanan di bank yang patut dipahami manfaatnya.

Tabungan

Source: 2byou.org.uk

Sudahkah Inspirator punya rekening Tabungan di bank? Inilah produk simpanan di bank yang paling umum kita jumpai. Untuk membuka rekening Tabungan di salah satu bank, teman-teman dapat mengunjungi kantor cabang bank yang terdekat dari domisili masing-masing. Oh ya, untuk setoran awalnya bervariasi lho.

Untuk Inspirator yang masih duduk di bangku sekolah ataupun kuliah, terdapat juga produk Tabungan khusus untuk pelajar. Setoran awal tidak harus berjumlah ratusan ribu Rupiah, beberapa Tabungan menyediakan pembukaan rekening dengan setoran yang murah yakni di bawah 100 Ribu Rupiah. Tak hanya setoran awal yang murah, biaya administrasi bulanan yang dikenakan pun tergolong ringan.

Giro

Source: irishtimes.com

Giro merupakan simpanan di bank milik perseorangan atau badan usaha yang dapat dicairkan setiap saat dengan menggunakan Cek atau Bilyet Giro. Tidak hanya dalam mata uang Rupiah, Giro juga tersedia dalam valuta asing (valas). Untuk penarikan dana secara tunai dari rekening Giro, teman-teman dapat menggunakan Cek. Adapun untuk pindah buku (perpindahan dana ke rekening lain), juga dapat menggunakan Bilyet Giro selain dengan Cek.

Berbeda dengan Tabungan, Giro tidak memiliki limit penarikan. Giro cocok dimiliki apabila Inspirator telah memiliki usaha dan membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar untuk dicairkan sewaktu-waktu. Jadi, teman-teman dapat menarik berapapun dana selama saldo di rekening teman-teman mencukupi.

Deposito

Source: milesweekly.com

Apabila teman-teman semua membutuhkan simpanan sekaligus juga untuk investasi, deposito dapat menjadi pilihan yang tepat. Deposito merupakan simpanan di bank yang waktu jatuh temponya disesuaikan sebagaimana kesepakatan nasabah dengan pihak bank. dan nasabah yang menyimpan dana deposito akan mendapatkan bunga. Umumnya, deposito memiliki jangka waktu jatuh tempo seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Sebelum waktu jatuh tempo tersebut, apakah deposito bisa dicairkan dalam keadaan mendesak? Jawabannya adalah bisa, akan tetapi teman-teman semua akan dikenakan penalti atas pencairan dana tersebut. Jika Inspirator fokus untuk investasi, simpanan deposito berikut bunganya dapat teman-teman ambil setelah jatuh tempo.

Bagaimana Inspirator, kira-kira jenis simpanan mana yang cocok untuk kebutuhan Inspirator?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here