Mengapa Suara Bersin Setiap Orang Berbeda? Simak 3 Faktor Ini!

Setiap orang bersin karena penyebab yang kurang lebih sama. Ketika ada debu, bulu hewan, atau serbuk masuk hidung kita, otak akan mengirim sinyal untuk menyingkirkannya.

Kalau kita perhatikan, setiap orang memiliki suara bersin berbeda-beda, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Berikut penjelasannya:

1. Faktor anatomi

bersin
photo source: https://coach.nine.com.au

Penyebab paling mendasar adalah karena anatomi. Suara yang ditimbulkan ketika bersin tergantung pada bagaimana udara keluar dari hidung dan mulut kita.

Itu sebabnya, ukuran lubang hidung kita dapat memengaruhi besarnya suara yang ditimbulkan. Orang dengan kapasitas paru-paru lebih besar pada umumnya bersin lebih keras karena mereka dapat menghirup dan mengeluarkan udara lebih banyak.

Apakah kamu pernah mengalami bersin beberapa kali berturut-turut? Nah, itu terjadi karena saat itu satu kali bersin saja tidak cukup untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam hidung kita.

2. Faktor kepribadian

photo source: https://www.theodysseyonline.com/

Penyebab berbedanya suara bersin pada setiap orang ternyata juga dipengaruhi kepribadian, lho. Patti Wood, juru bicara Benadryl, melakukan penelitian terhadap lebih dari 500 orang dan menetapkan ada empat jenis bersin, masing-masing terkait dengan kepribadian tertentu.

The Nice or Sensitive Sneezer

Orang ini biasanya bersin hanya satu kali dan memalingkan wajahnya ketika bersin. Orang seperti ini cenderung menghargai hubungan, menghindari konflik, dan bersikap suportif.

The Be Right Sneezer

Orang ini lebih sering menutup mulutnya selama bersin dibandingkan sneezer lainnya. Orang seperti ini memiliki kepribadian berhati-hati, teliti, dan memikirkan baik-baik hal yang akan dia ungkapkan.

The Get It Done Sneezer

Ketika ingin bersin, orang dengan tipe ini berusaha untuk menahan bersinnya dan biasanya mengeluarkan suara bersin sangat keras. Menurut kepribadiannya, dia pemimpin yang bekerja dengan cepat untuk mencapai sesuatu seefisien mungkin.

The Enthusiastic Sneezer

Orang tipe ini ketika bersin akan membuat orang di sekelilingnya menoleh, entah karena suara bersinnya terlalu keras, terdengar lucu, atau bersin beberapa kali berturut-turut. The Enthusiastic Sneezer memiliki kepribadian karismatik, spontan, dan tidak takut berpendapat.

3. Faktor lingkungan sekitar

photo source: https://www.sunshinecoastdaily.com.au

Lingkungan sekitar kita juga bisa mengubah cara kita bersin. Menurut penelitian Wood tersebut, 45 persen responden mengatakan suara bersin di tempat umum berbeda daripada bersin di tempat yang lebih privat. Itu karena mereka tidak ingin mengganggu orang di sekelilingnya.

Nah, Inspirator sekarang pasti sudah tahu dong, mengapa suara bersin setiap orang berbeda. Lantas, menurut faktor penyebab nomor dua, kamu tipe sneezer yang mana, nih?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here