reese fernandez
Selamat Hari Wanita Sedunia

Hai Inspirator! Hari Selasa ini menjadi sesuatu yang spesial bagi perempuan di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dunia melalui PBB memperingati Hari Wanita Sedunia sejak 1974, yang menjadi pergerakan kesetaran gender di dunia. Yuk, di hari Perempuan ini, kita mengenal dengan para perempuan hebat yang mampu mendobrak dominasi laki laki di bidang ekonomi Asia Tenggara. Mereka tidak hanya memberikan perubahan berarti bagi dirinya sendiri loh, tetapi juga menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya.

1. Veronika Lenardi, Qerja

veronika linardi
Veronika Linardi | sumber: techinasia.com
Bagi kamu yang masih mencari pekerjaan, cobalah untuk mencoba platform Qerja yang digagas Veronika ini. Kamu bisa langsung masuk ke laman resminya untuk saling berbagi pengalaman dengan para pekerja yang sudah lebih dulu bekerja di perusahaan incaran kamu, Inspirator. Dengan begitu, kamu bisa lebih tau lingkungan kerja dan gaji yang disediakan perusahaan incaranmu. Berawal pada April 2014, setelah 8 bulan beroperasi, Qerja berhasil mendapatkan mendapatkan pendanaan Series A dari SB ISAT Fund—sebuah kolaborasi antara SoftBank dengan perusahaan telekomunikasi lokal Indosat. Karena pendanaan tersebut, Qerja telah mendapatkan valuasi delapan digit US Dollar, salah satu valuasi tertinggi di antara startup-startup di Asia Tenggara.

2. Nabilah Alsagoff, Doku

nabilah alsagoff
Nabilah Alsagoff | sumber: techinasia.com
Doku merupakan salah satu portal pembayaran online terbesar di Indonesia. Ia mendapatkan idenya setelah bekerja di salah satu website pariwisata yang membantu Bali untuk pulih dari ancaman teroris 2002. Saat ini, Doku telah memproses rata rata pembayaran online senilai $500 juta atau setara Rp6,6 triliun per tahun.

3. Hooi Ling Tan, GrabTaxi

hooi ling tan
Hooi Ling Tan | sumber: techinasia.com
Pasti beberapa di antara kalian pernah menggunakan GrabTaxi, tapi tahukah kamu kalau Hooi Ling Tan merupakan wanita di balik aplikasi pemesanan taksi tersebut. Hooi mendirikan GrabTaxi bersama teman sekelasnya di Harvard, Anthony Tan. Awalnya, mereka mengajukan untuk kompetisi startup yang dilakukan di Harvard pada 2011, hingga akhirnya memilih untuk mengembangkannya di Malaysia setelah lulus. Saat ini, Grab Taxi telah tersedia di 21 kota di 6 negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

4. Sylvia Yin, Shoppr

Sylvia Yin | sumber: lookbook.nu
Sylvia Yin | sumber: lookbook.nu
Aplikasi ini selalu memberikan ide untuk berpakaian menarik setiap harinya, atau biasa disebut dengan OOTD (outfit of the day). Berbasis di Malaysia, Yin menjadikan Shoppr menjadi salah satu pemimpin dalam mobile fashion di Asia Tenggara.

5. Reese Fernandez-Ruiz, Rags2Riches

reese fernandez
Reese Fernandez-Ruiz | sumber: sir.tv
Semenjak 2007, Fernandez-Ruiz dan timnya membantu para perempuan di kawasan miskin Filipina untuk membuat berbagai tas dan dompet dari kain bekas daur ulang, bahan organik, hingga kain adat bermotif khas Filipina dalam karyanya. Saat ini, Rags2Riches telah melatih 900 orang untuk keluar dari zona kemiskinan.

6. Chow Paredes, Zipmatch

Chow Paredes | sumber: techinasia.com
Chow Paredes | sumber: techinasia.com
Zipmatch merupakan tempat yang menyediakan daftar dan penilaian properti yang akan dijual maupun disewakan di negara Filipina. Paredes menempatkan karyawannya sebagai ujung tombak untuk melayani konsumennya dengan menyenangkan, karena sebelmunya Filipina cukup keras menekan karyawannya pada industri ini. Saat ini, ZipMatch menjadi salah satu penggerak ekonomi negaranya.

7. Huang Shao Ning, JobsCentral

huang shao ning | sumber: popconversation.com
huang shao ning | sumber: popconversation.com
Huang mendirikan JobsCentral pada 2011, yang saat ini telah menjadi portal pekerjaan terbesar di Singapura dengan lebih dari 800.000 akun. Namun, tidak hanya pekerjaan loh, mereka pun menyediakan informasi pendidikan hingga beasiswa di portalnya.

8. Qing-Ru Lim, Zopim

Qing-Ru Lim | sumber: herworldplus.com
Qing-Ru Lim | sumber: herworldplus.com
Qing menyediakan pengebangan software widget unik kepada setiap website perusahaan, untuk sebuah Live customer support. Dengan adanya software tersebut, konsumen yang akan mengadukan keluhannya bisa semakin terakomodir dan tidak menggunakan ‘robot penjawab pesan’.

9. Alexis Horowitz-Burdick, Luxola

Alexis Horowitz-Burdick | sumber: lxedit.com
Alexis Horowitz-Burdick | sumber: lxedit.com
Bergerak di kosmetik online store, pada 2011 ia tidak bisa membayar timnya namun perjuangannya tidak kenal menyerah hingga akhirnya saat ini telah berekspansi di kawasan Asia Tenggara semenjak 2014.

10. Sarah Huang, WhatsNew

sarah huang | sumber: hurricane-sarah.com
sarah huang | sumber: hurricane-sarah.com
Melalui WhatsNew, Huang memberitahukan kepada pengunjungnya berbagai produk yang memiliki teknologi dan inovasi baru dari seluruh dunia. Mereka percaya, dengan adanya informasi tersebut, setiap inovasi mampu menginspirasi dunia yang lebih baik.

11. Esther Nguyen, Pops Worldwide

Esther Nguyen | sumber: doanhnhansaigon.vn
Esther Nguyen | sumber: doanhnhansaigon.vn
Pops merupakan partner resmi YouTube di Vietnam. Berawal dari besarnya kesempatan mengunduh musik di Vietnam, ia mendirikan Pops Worldwide dengan menyediakan lebih dari 400 partner di seluruh dunia. Sejak September 2008, Pops telah menjadi pendistribusi 90% musik Vietnam. Hingga saat ini, Pops telah mengjangkau lebih dari 100.000 konten dan ditonton lebih dari 800 juta pasang mata setiap bulannya.

12. Thuy Than Truong, Tappy

Thuy Thanh Truong | sumber: techinasia.com
Thuy Thanh Truong | sumber: techinasia.com
Truong merupakan pemain terkenal di bisnis startup Vietnam, apalagi telah ia capai di usianya yang masih muda, 29 tahun. Dia mendirikan mendirikan Tappy, sebuah aplikasi sosial lokal Vietnam yang kemudian diakuisisi oleh weeby dan menjadikannya sebagai salah satu business developer Weeby untuk Asia. Selamat Hari Wanita Internasional kepada Inspirator wanita yang tidak kenal lelah menggapai mimpinya! Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Arief Alqori Editor: Arief Alqori Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY