10 Tips yang Perlu Dicoba di Dapur

dapur
(Foto: dailymail.co.uk)

Siapa yang di sini yang suka memasak? Biar kegiatan masak-memasak dan aktivitas kita di dapur lebih lancar dan asik, yuk simak tips-tips di bawah ini!

Memisahkan putih dan kuning telur

(Foto: newsforchews.com)

Kadang kita pengen memisahkan putih dan kuning telur tapi merasa kesusahan. Untuk mempermudah, coba cara ini, deh! Pecahkan telur dalam wadah, lalu angkat kuning telur dengan menggunakan botol plastik kosong. Tekan botol plastik dan kuning telur akan tersedot ke dalam. Tadaa! Putih dan kuning telur pun terpisah dan kita bisa menggunakan keduanya.

 

Biar nggak nangis pas ngiris bawang..

(Foto: dailymail.co.uk)

Siapa yang suka nangis gara-gara ngiris bawang? Biar mata kita enggak ngerasa pedih gara-gara bawang, masukkan bawang yang mau diiris ke dalam freezer sekitar 15 menit, lalu keluarkan dan potong. Bisa juga tanpa freezer, caranya kita mengiris bawang sambil mengunyah permen karet.

 

Telur, mana yang segar dan busuk?

(Foto: emgn.com)

Untuk membedakan telur yang masih segar dan yang busuk, masukkan telur dalam gelas berisi air. Kalau telur itu tenggelam, berarti masih segar. Sedangkan kalau mengambang berarti telur itu sudah busuk. Supaya tambah yakin, cium juga baunya.

 

Menghilangkan bau amis di panci

(Foto: mom4real.com)

Bau amis yang nempel di panci emang suka bikin kesal. Cara menghilangkannya sebenarnya gampang, lho! Rebus air sampai mendidih, tuang bubuk kayu manis secukupnya, dan tunggu selama 3 menit. Tuangkan baking soda ke dalam panci. Kemudian, cuci bersih panci itu. Hilang deh bau amisnya!

 

Buat kamu yang gemar masak mie. Iya, kamu..

(Foto: food-hacks.wonderhowto.com)

Supaya saat masak mie air di dalam panci enggak luber, taruh spatula kayu dengan posisi melintang di atas panci. Pasti air yang mendidih itu enggak bakal tumpah-tumpah keluar lagi.

 

Biskuit melempem masih bisa terselamatkan

(Foto: snapguide.com)

Nemuin biskuit di kaleng yang udah enggak renyah lagi pas dimakan? Jangan buru-buru dibuang! Taruh biskuit di kantong plastik, ikat dengan kencang, dan masukkan ke dalam freezer. Biskuit pun akan jadi renyah lagi!

 

Cara buka tutup botol yang keras

(Foto: dailymail.co.uk)

Pernah kesulitan buka tutup botol karena tangan kita lagi licin? Coba lilitkan tutup botol dengan karet gelang lalu putar untuk membuka tutup tersebut.

 

Agar spons kembali kinclong

(Foto: naturalpenguin.com)

Spons cuci piring yang kotor bisa bikin alat makan ikutan enggak bersih. Untuk membersihkannya, basahi spons cuci piring dengan air dan sedikit sabun. Masukkan ke dalam microwave selama 2 menit dan cling! Spons akan kembali bersih.

Buat yang gemar makan pisang

(Foto: instructables.com)

Menjaga satu sisir pisang supaya tetep fresh jadi enggak susah lagi kalau ikutin tips ini. Bungkus rapat bonggol pisang dengan plastik. Dengan begitu, udara enggak akan membuat pisang cepat membusuk.

Hilangkan noda membandel dalam botol

(Foto: lifehacker.com)

Susah menghilangkan kotoran di dalam botol saat dicuci? Masukan air sabun dan sedikit beras. Kocok botol berulang kali. Beras yang ada di dalam akan membantu menggosok kotoran yang ada di dalam botol.

Nah, itu dia Inspirator tips-tips yang berguna untuk di dapur. Gimana, tertarik mencoba? (AT)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here