Pantai Indonesia
Ilustrasi

Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Maka dari itu, tak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah. Namun sayangnya, tidak semua orang Indonesia tahu tentang keindahan pantai di Indonesia. Tim IF merangkum informasi tentang 10 pantai indah di Indonesia yang wajib kalian ketahui. Sebenarnya tidak hanya orang Indonesia yang wajib tahu tentang indahnya pantai-pantai ini, namun seluruh dunia harus tahu bahwa di Indonesia memiliki pantai yang siap memanjakan mereka. Yuk langsung aja kita simak!

1. Pantai Sumur Tiga

Pantai Indonesia
Pantai Sumur Tiga | Sumber : flickr.com
Pantai Sumur Tiga berada di Kecamatan Le Meule, Sukajaya, Pulau Weh, Aceh. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan lembut, ombaknya termasuk cukup besar. Pemandangan laut yang jernih dan barisan nyiur menambah pesona pantai ini. Nama sumur tiga karena memiliki tiga sumur air tawar di sepanjang pantai ini. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, tersedia penginapan, restoran, penyewaan alat-alat snorkeling, dan lain-lain. Jadi tidak perlu khawatir akan kurangnya fasilitas jika ingin berkunjung ke sini.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Indonesia
Pantai Tanjung Tinggi | Sumber : initempatwisata.com
Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Pantai indah ini terletak di antara dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Inspirator akan menemukan pasir putih dan tumpukan batu granit yang besar di pantai ini. Inspirator juga akan menemukan ribuan ikan atherinomorus yang bergerombol, lamun, dan terumbu karang yang indah di bawah lautnya. Jika Inspirator pernah menonton film Laskar Pelangi, pasti Inspirator pernah melihat keindahan pantai ini.

3. Pantai Matras

Pantai Indonesia
Pantai Matras | Sumber : nomadictrip.com
Pantai Matras berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, di sebelah timur laut Pulau Bangka. Pasir di pantai ini memiliki warna putih dan bertekstur halus. Terdapat batu-batu granit khas Pulau Bangka di pantai ini. Inspirator akan menemukan pemandangan yang sangat mempesona, barisan nyiur yang berhadapan dengan jernihnya air laut serta pemandangan sungai yang alami akan membuat mata enggan beralih memandang.

4. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Indonesia
Pantai Parai Tenggiri | Sumber : initempatwisata.com
Pantai Parai Tenggiri juga berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Pantai ini ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau atau biasa disebut Parai Green Resort, karena alasan itulah pantai ini begitu bersih dan nyaman. Sebagai kawasan wisata hijau tentunya Inspirator akan melihat banyak pohon yang menyejukkan di sekitar pantai ini. Inspirator bisa melihat pasir putih berpadu dengan indahnya batu granit, seperti pantai-pantai di Bangka pada umumnya. Jika Inspirator hobi memancing, di sini ada tempat penyewaan perahu pancing beserta semua peralatannya. Selain wahana memancing, di sini juga ada wahana untuk bermain banana boat ataupun melakukan diving untuk menikmati kekayaan bawah laut. Benar-benar surga yang tersembunyi.

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Indonesia
Pantai Banyu Tibo | Sumber : brilio.net
Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Banyu tibo berarti air yang jatuh, nama tersebut diambil dari adanya air terjun di pantai ini. Ada sebuah air terjun di bibir pantainya, sesuatu yang sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya. Air terjun ini berasal dari sebuah sungai kecil yang sangat jernih airnya, terus mengalir hingga bertemu dengan deburan ombak laut.

6. Pantai Nusa Dua

Pantai Indonesia
Pantai Nusa Dua | Sumber : sewavilladibali.com
Pantai Nusa Dua terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Pantai indah ini memiliki keindahan yang eksotis dan menawan. Airnya yang tenang menjadikan pantai ini sebagai tempat yang aman untuk menikmati liburan. Soal kenyamanan, Inspirator tidak perlu khawatir, kebersihan pantai ini dijaga dengan baik sehingga terasa sangat nyaman. Fasilitas di pantai ini pastinya juga sangat lengkap, terdapat beberapa hotel bintang 5 di sekitar pantai ini.

7. Pantai Tangsi

Pantai Indonesia
Pantai Tangsi | Sumber : ciiha.com
Pantai Tangsi berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Pink. Sesuai dengan julukannya, Pantai indah ini memiliki pasir yang berwarna pink. Warna pink ini berasal dari pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang berwarna pink. Kondisi air di pantai ini sangat tenang sehingga terasa nyaman ketika bermain air di pantai ini. Pantai ini juga dikelilingi oleh hamparan bukit-bukit yang menambah keindahan ketika mata memandang.

8. Pantai Selong Belanak

Pantai Indonesia
Pantai Selong Belanak | Sumber : lombokhighseason.com
Pantai Selong Belanak berada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang panjang, dengan garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit. Ujung pantainya juga dihiasi beberapa bukit yang indah. Keasrian pantai ini masih terjaga dan bila ingin berkunjung ke sini tolong untuk tetap menjaga keasriannya. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, ada vila-vila yang bisa Inspirator sewa jika hendak bermalam di sini, dan juga beberapa warung makan di pinggir pantai yang menyajikan kuliner khas pantai ini.

9. Pantai Mandorak

Pantai Indonesia
Pantai Mandorak | Sumber : blj.co.id
Pantai Mandorak berada di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Inspirator akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah di pantai ini. Airnya yang sangat jernih, pasirnya yang begitu putih, tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan deburan ombak yang menakjubkan menjadi keistimewaan dari pantai ini. Jika sudah berkunjung ke pantai ini, jangan heran ya jika Inspirator merasa enggan untuk pulang 🙂

10. Pantai Ora

Pantai Indonesia
Pantai Ora | Sumber : bridestory.com
Pantai Ora berada di Pulau Seram, tepatnya Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Inspirator akan melihat sebuah keistimewaan, yaitu adanya bungalow yang mengapung di atas laut, serasa sedang di Maldives ataupun Hawaii ya. Keistimewaan Pantai Ora tidak hanya itu, ada hamparan pasir putih yang indah di tepi pantai dan juga keindahan bawah laut yang bisa Inspirator lihat ketika melakukan snorkeling. Karena kejernihan airnya, keindahan bawah laut Pantai Ora juga bisa dilihat langsung dari atas bungalow tanpa harus menceburkan diri ke laut. Benar-benar indah dan ini di Indonesia. Wow! Itulah 10 pantai indah di Indonesia yang wajib kalian ketahui. Jika Inspirator ingin berlibur dan bingung menentukan tujuan, tak ada salahnya jika berkunjung ke salah satu pantai tersebut. Mari menjelajahi Indonesia dan yang penting harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam ya!   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Bayu Andika Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY