10 Makanan Sehat Ini Akan Membuatmu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

makanan sehat
Foto: Rodale's Organic Life

Siapa sih yang tidak ingin selalu terlihat lebih muda. Semua orang menginginkannya. Namun terkadang cara instan selalu menjadi pilihan. Bukannya terlihat muda tetapi malah membahayakan kesehatan.

Tahukah Inspirator, menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan ternyata memainkan bagian penting dalam menjaga kulit agar tetap terlihat muda dan sehat. Bahkan meningkatkan kualitas dan jangka hidup. Berikut 10 makanan yang akan membuatmu terlihat 10 tahun lebih muda.

Wortel

makanan sehat
Foto: Greenblender.com

Sayuran yang dikenal melindungi mata berkat beta-karotennya ini ternyata juga melindungi kulit dari penuaan dini akibat paparan sinar UV. Wortel juga dapat mencegah timbulnya jerawat, noda hitam, mengencangkan dan meremajakan kulit wajah.

Alpukat

makanan sehat
Foto: Newstarget.com

Buah alpukat memiliki zat antioksidan seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, yang bermanfaat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Karotenoid menjaga kadar air dan elastisitas kulit, serta mengurangi kerusakan kulit. Vitamin E akan melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet dan vitamin C untuk membuat kolagen.

Acai Beri

makanan sehat
Foto: Slimmingsolutions.com

Antioksidan yang dimiliki buah ini berkhasiat untuk membersihkan racun dan limbah, serta membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan juga dapat memperlambat proses penuaan dini.

Jeruk

makanan sehat
Foto: Pinterest.com

Buah jeruk merupakan sumber utama vitamin C dan asam folat. Mengonsumsi jeruk secara teratur, akan mencegah masalah peredaran darah dan kondisi jantung. Selain itu anti-oksidan yang terkandung dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas.

Bawang Putih

makanan sehat
Foto: Homelife.com.au

Kaya akan allicin, sulfur, zinc dan kalsium, bawang putih memiliki beragam manfaat salah satunya untuk kecantikan. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat bermanfaat sebagai anti jamur dan anti penuaan. Kandungan sulfur juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membuat kulit lebih cerah.

Cokelat

makanan sehat
Foto: Rodale’s Organic Life

Cokelat memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi dan mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Namun cokelat yang dimaksud disini adalah cokelat yang mengandung 75% kakao.

Minyak Zaitun

makanan sehat
Foto: www.webchutney.pk

Perawatan menggunakan minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman Romawi Kuno. Mengandung zat anti-oksidan dan anti-inflamasi, minyak zaitun dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri. Minyak zaitun juga bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan kulit.

Tomat

makanan sehat
Foto: Authoritynutrition.com

Kandungan Lycopene yang ada dalam tomat merah merupakan antioksidan 14 kali lebih besar dari resveratrol ditemukan dalam anggur merah. Selain itu tomat juga berkhasiat untuk melindungi kulit terhadap radiasi UV dan juga memiliki efek yang besar dalam pencegahan kardiovaskular, degeneratif, dan penyakit menular.

Minyak Ikan

makanan sehat
Foto: The ISSN Scoop

Mengandung omega 3, minyak ikan dapat membantu meregenerasi kulit agar tetap lembab serta bekerja melalwan penuaan dini. Selain bermanfaat untuk kulit, minyak ikan juga memiliki bermanfaat untuk rambut. Asam lemak omega 3 menyehatkan folikel rambut agar lebih kuat dan lebih bersinar.

Kunyit

makanan sehat
Foto: Cantikalamiku.com

Tanaman yang termasuk dalam rempah-rempah dan obat ini memiliki khasiat anti-bakteri anti-inflamasi dan anti-aging. Sifat anti-inflamasi pada kunyit dapat mengurangi inflamasi, pigmentasi dan noda pada kulit. Sifat anti-bakteri dapat mengurangi masalah jerawat dan anti-aging untuk memperlambat proses penuaan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here