diambil dari idbackpacker.com

Bagi sebagain besar mahasiswa, sekarang masih dalam masa liburan. Atau ada beberapa yang masih dalam tahap UAS baru setelah itu akan libur sebelum masuk ke semester genap. Nah alangkah baiknya sebelum memulai semester yang baru, kita juga memberikan istirahat untuk tubuh dan pikiran kita melalui liburan. Kali ini, kita mau kasih tips buat kalian yang mau liburan ke Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan alternatif yang sangat baik kalau kalian sudah mulai jenuh dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Keindahannya dijamin gak kalah, bahkan bagi sebagian orang Gili Trawangan dianggap lebih baik dan bisa dikatakan sejajar dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand. Bagi yang tertarik ke Gili Trawangan ada beberapa macam akses yang bisa kalian lakukan. Kalau menggunakan pesawat, kalian bisa memilih destinasi ke Bandara Internasional Lombok, dari sana bisa menggunakan taksi untuk diantar ke pelabuhan bangsal yang merupakan pintu masuk ke Gili Trawangan dari pulau Lombok. Dari Bangsal kalian tinggal memilih mau naik kapal kayu atau speed boat. Perbedaan ada di kualitas kapal dan kecepatan serta harganya juga berbeda. Alternatif lain ke Gili Trawangan adalah melalui Pulau Bali. Kalian bisa langsung ke Gili Trawangan dengan naik speed boat dari Pelabuhan Padang Bai maupun dari Nusa Penida. Kapal ini akan langsung menuju ke Gili Trawangan. Nah ini dia 10 hal seru yang bisa kamu lakukan selama di Gili Trawangan :

1. Berjemur di Atas Pasir Putih

Sunbathing-In-Gili-Trawangan
diambil dari beritanetizen.com
Bagi turis asing, pantai ya tentunya tempat untuk berjemur untuk membuat warna kulit menjadi lebih eksotis. Nah memang ga semua orang Indonesia suka buat berjemur, tapi buat kalian yang mau sunbathing, Gili Trawangan adalah salah satu tempat terbaik dan terindah yang bisa kalian kunjungi.

2. Snorkeling dan Belajar Diving

diambil dari villakokita.com
diambil dari villakokita.com
Buat yang sekedar mau berenang di pantai atau snorkeling, Gili Trawangan adalah salah satu yang terbaik. Karena tanpa harus terlalu jauh ke tengah laut kalian sudah bisa bertemu dengan ikan-ikan hias yang sangat cantik. Tapi kalau kalian ada dana lebih, alangkah baiknya kalian belajar diving disini. Beberapa spot di Gili Trawangan punya keindahan tersendiri dan kalau beruntung, kalian bisa bertemu dengan penyu yang banyak berkeliaran disini.

3. Melihat Ikan dari Glass Bottom Boat

diambil dari kompasiana.com
diambil dari kompasiana.com
Buat yang gak bisa berenang atau takut hitam karena berenang, jangan khawatir. Kalian masih bisa menikmati keindahan alam bawah laut Gili Trawangan dengan menyewa glass bottom boat atau semacam kapal yang dibawahnya ada kacanya supaya bisa melihat ikan-ikan dibawahnya.

4. Bersepeda Mengelilingi Pulau

diambil dari magazine.tripzila.com
diambil dari magazine.tripzilla.com
Sekedar informasi, di Gili Trawangan sama sekali tidak ada sepeda motor seperti layaknya di Pulau Tidung atau pulau lainnya. Jadi sarana transportasi yang bisa kalian pilih hanya sepeda atau cidomo (dokar atau delman). Nah pilihan terbaik ya dengan bersepeda. Kalian bisa mengelilingi pulau ini atau berkunjung ke tempat hiburan yang kalian suka.

5. Melihat Penangkaran Penyu

diambildari aginamo.blogspot.com
diambildari aginamo.blogspot.com
Gili Trawangan memiliki penangkaran penyu yang dimana kalian bisa melihat langsung bayi penyu dari yang masih sangat kecil sampai yang berukurang sedang. BIasanya kalau sudah ukurang sedang, penyu-penyu ini akan dilepas ke laut. Makanya tidak heran kalau kalian sedang berenang atau diving, kalian akan sering berjumpa dengan penyu di laut.

6. Dengerin Live Music di Cafe dan Bar

beach-front-bar-and-restaurant
diambil dari tripadvisor.co.id
Semakin malam, suasana di pulau ini semakin ramai karena berbagai macam cafe dan juga bar telah buka. Biasanya masing-masing cafe memiliki live music untuk menemani kalian ngobrol-ngobrol atau minum disana. Acara akan semakin meriah apabila malam itu pas berbarengan dengan waktu bulan purnama. Biasanya akan ada acara musik besar-besaran di Gili.

7. Belajar Masak

diambil dari mytravellicious.com
diambil dari mytravellicious.com
Gak banyak yang tahu, di Gili Trawangan sebetulnya ada sekolah masak. Disini kalian bisa belajar masak makanan tradisional Indonesia maupun makanan ala barat. Setiap hari biasanya selalu ramai orang-orang yang mau belajar masak di Gili Cooking School.

8. Bersantai Sambil Baca Buku

diambil dari tindaktandukarsitek.com
diambil dari tindaktandukarsitek.com
Buat yang suka bersantai sambil membaca novel kesayangan, Gili Trawangan juga asik untuk melakukan itu. Pemandangan yang indah, hembusan angin pantai dan suara ombak akan semakin membuat suasana menjadi lebih enak untuk membaca buku kesayanganmu, eh atau bahkan kamu juga bisa mendapat ilham untuk menulis buku disini.

9. Menikmati Indahnya Sunset di Pinggir Pantai

diambil dari tripadvisor.co.id
diambil dari tripadvisor.co.id
Tidak ada tempat terindah untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam selain di pantai. Begitu juga kalau kamu ada di Gili Trawangan, perjalanan kamu kurang lengkap kalau kamu gak melihat sunset. Memang kamu harus berjalan mengelilingi pulau untuk mendapat spot sunset terbaik tapi kamu akan takjub melihat keindahannya.

10. Makan Sea Food Segar

diambil dari idbackpacker.com
diambil dari idbackpacker.com
Jangan lewatkan makan sea food segar di Gili Trawangan. Ikan yang disiapkan ini jelas semuanya masih sangat segar karena di dapat langsung dari nelayan. Sehingga pastinya rasa ikannya akan lebih enak karena ikan ini masih segar. Kalian bisa memilih untuk digoreng atau dibakar sesuai selera.   Nah itu dia 10 hal seru yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan. Kalau kamu ada info tambahan, kalian bisa langsung tambahkan di kolom komen di bawah artikel ini. Jangan lupa juga, sebagai wisawatan yang baik, jangan buang sampah sembarangan! Jangan buat tempat wisata menjadi tidak nyaman karena sampah. Setuju Inspirator?   Keep Breathing, Keep Inspiring!

SHARE
Previous articleApa artinya menjadi Bangsa Indonesia?
Next articleFilosofi Cupang dan Kaitannya dengan MEA
Passionate banget untuk sharing hal-hal positif ke anak muda Indonesia dan saat ini sedang berjuang untuk membesarkan InspiratorFreak.com. Jadi mentor juga di Young on Top Campus Ambassador

LEAVE A REPLY