Sumber : www.piyunganonline.org

“Indonesia adalah Atlantis yang hilang.”

Ungkapan itu sering kita dengar. Keren kan? Tak heran jika Indonesia pun memiliki kekayaan alam, budaya dan daya tarik yang juga di akui oleh dunia. Indonesia menawarkan pengalaman yang menarik, baik dari segi alam, budaya, adat, maupun keanekaragaman hayatinya. Selain kelebihan tersebut, Anda juga perlu tahu beberapa fakta atau hal unik yang akan membuatmu terkejut :

1. Negara Kepulauan Terbesar

Ilustrasi | Sumber : infolampung.com
Ilustrasi | Sumber : infolampung.com
Sebagai negara maritim terbesar di dunia, perairan Indonesia memiliki luas 93 ribu km persegi dan panjang pantai sekitar 81 ribu km persegi atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia pun dikenal dengan Negara Seribu Pulau karena terdapat 17.504 pulau, termasuk yang berpenghuni maupun tidak. Tiga pulau pun termasuk ke dalam 6 besar pula terbesar di dunia, yaitu Kalimantan (539.460 km persegi), Sumatera (473.606 km persegi) dan Papua (421.981 km persegi).

2. Negara Api

Ilustrasi | Sumber : samirah.blogspot.com
Ilustrasi | Sumber : samirah.blogspot.com
Cincin Api Dunia (Ring of Fire). Indonesia berada dalam kepungan gunung berapi, lebih dari 400 gunung berapi dan 130 diantaranya termasuk gunung berapi aktif. Uniknya, sebagian gunung berapi pun berada didasar laut dan tak terlihat atau muncur dari permukaan. Bahkan, pada bulan April tahun 1815, letusan terdasyat di dunia terjadi di Indonesia, yaitu letusan Gunung Tambora. Letusan tersebut pun menyebabkan perubahan iklim dunia yang berimbas pada banyaknya kegagalan panen dan kematian ternak di bumi bagian utara. Selain itu, juga terdapat puluhan patahan lempeng bumi yang masih aktif.

3. Negara dengan Jumlah Muslim Terbanyak

Ilustrasi | Sumber : boombastis.com
Ilustrasi | Sumber : boombastis.com
Sekitar 88% dari total penduduk Indonesia adalah muslim (beragama Islam). Selain itu, jumlah masjid di Indonesia juga yang terbanyak dan jamaah haji asal Indonesia pun terbesar di dunia. Walaupun dengan jumlah muslim yang mayoritas, Indonesia dikenal dengan toleransinya yang tinggi sehingga setiap masyarakat pun memiliki kebebasan untuk melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.

4. Suku dan Bahasa Terbanyak

Ilustrasi | Sumber : www.desabombana.com
Ilustrasi | Sumber : www.desabombana.com
Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua saja terdapat 270 suku. Indonesia juga memiliki 583 jenis bahasa daerah dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Meskipun begitu, bahasa persatuan tetaplah Bahasa Indonesia dan bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

5. Hutan Terbesar

Ilustrasi | Sumber : www.piyunganonline.org
Ilustrasi | Sumber : www.piyunganonline.org
Dunia telah mengakui bahwa Indonesia memiliki beragam hutan dengan luas 39.549.447 hektar di Pulau Sumatera, Kalimantan, hingga Papua. Tak heran jika Indonesia pun mendapat julukan sebagai Paru-paru Dunia. Hutan hujan tropis terluas ada di provinsi Papua dengan luas mencapai 28.816 km persegi. Bahkan, Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia, bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.

6. Makanan Terlezat – Rendang

Ilustrasi | Sumber : cipikastoreid.wordpress.com
Ilustrasi | Sumber : cipikastoreid.wordpress.com
Rendang adalah satu makanan khas Padang, Sumatera Barat, yang terbuat dari bahan dasar daging sapi dan kaya rasa bumbunya semakin dikenal oleh dunia. Menurut polling di Facebook yang dirilis di CCNGo.com, rendang menempati urutan pertama sebagai makanan terlezat di dunia, mengalahkan makanan khas negara lain, seperti sushi dari Jepang, pizza dari Italia, massaman curry dari Thailand, dan sebagainya. Ranking rendang pun diikuti oleh nasi goreng di posisi kedua sebagai makanan terlezat di dunia.

7. Hewan Purba – Komodo

Ilustrasi | Sumber : phoebettm.blogspot.com
Ilustrasi | Sumber : phoebettm.blogspot.com
Nusa Tenggara Timur menyajikan pengalaman yang berbeda dari yang lain, salah satu reptil purba yang tersisa di bumi pun masih tinggal di pulau yang diberi nama sesuai dengan namanya hewan tersebut, yaitu Komodo. Komodo adalah kadal terbesar di dunia dengan panjang yang bisa mencapai 3 meter dan berat 90 kg.

8. Ombak Terbesar dan Terpanjang – Pantai Plengkung

Ilustrasi | Sumber : www.1001wisata.com
Ilustrasi | Sumber : www.1001wisata.com
Kebanyakan orang hanya familiar dengan Pantai Kuta yang biasa dijadikan tempat untuk berselancar. Padahal, ada satu pantai yang cukup terkenal hingga menjadi salah satu tempat terbaik untuk berselancar dikalangan wisatawan luar negeri, yaitu Pantai Plengkung atau biasanya disebut G Land oleh wisatawan. Ombaknya yang menyerupai huruf ‘G’ dengan tinggi ombak antara 4–6 meter dan panjangnya bisa mencapai 2 km.

9. Kopi Termahal – Kopi Luwak

Ilustrasi | Sumber : gumilang.me
Ilustrasi | Sumber : gumilang.me
Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia dan produsennya adalah Indonesia.Biji kopi ini didapat dari kotoran hewan luwak yang telah memakan buah kopi. Bukan hanya mahal, kopi luwak juga dikenal terenak hingga menjadi incaran para penikmat kopi sejati.

10. Piala Dunia – Negara Pertama dari Asia

Ilustrasi | Sumber : www.sayang.com
Ilustrasi | Sumber : www.sayang.com
Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang berhasil tembus ke Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1930 yang ketika itu masih bernama Hindia Belanda. Keunikan Indonesia takkan pernah cukup untuk dibahas. Banyaknya keunikan yang di miliki seharusnya kita kenali dan cintai dengan jiwa nasionalisme yang tinggi. Agar Indonesia semakin mampu bersaing dan mejadi Macan Asia yang akan bangun kembali!   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

SHARE
Previous articleOkky Maddasari, Menyuarakan Realita Sosial Lewat Sastra
Next articlePelajaran dari Si Pelari – John Stephen Akwari

LEAVE A REPLY